Bagikan
sudah lama saya menggunakan cara ini untuk memaksimalkan koneksi modem internet evdo saya, tapi baru sekarang saya sempat tuliskan di blog saya ini.oia, cara ini cuman buat temen2 yang punya modem dgn chipset QUALCOMM saja. Terlebih dahulu mendownload software nya :
dan

1. Install QPST, setelah itu install QXDM
2. Matikan software modem agar port tidak crash dengan QXDM .
3. Buka Device Manager, lihat port diagnostic modem , Port berapa?

NB: buat modem tertentu seperti EC1260-2, lihat pada 3G application interface

4. Buka QPST Configuration, pilih port diagnostic. uncheck “show serial and usb/qc diagnostics port only” jika port tidak muncul.

jika sudah benar , tampilan seperti ini :

5. Buka QXDM Professional, options > configuration, pilih port yang sudah di set di QPST Configuration.

dah,, sekarang setelah mengkoneksikan modem, kita dapat memantau koneksi sinyal modem kita melalui parameter2 yang tersedia. berikut untuk koneksi modem pada setingan evdo only.
View: HDR POWER ,
View : HDR PILOT SET dan
View : HDR REV. A DSC-DRC-ARQ Buffer Metrics

untuk yang ga ada sinyal evdo bisa memantau pada view CDMA POWER

Pada display Hdr pilot set, terdapat daftar antena yang terhubung dengan modem. Karena tiap BTS ada 3 antena panel, artinya ada 3 pilot PN untuk 1 BTS. Untuk mendapatkan kecepatan maksimum, coba arahkan antena modem / modem yang sudah dipasang pada kabel perpanjangan usb dengan memutar perlahan sehingga hanya menampilkan 1 active set dengan nilai pilot energi mendekati nol adalah yang terbaik.


hasil maksimal, jika sinyal antena kita ( warna biru) terhubung ke salah satu active PN

Pada percobaan beberapa kali…dengan nilai pilot energi antara -1 sampai -3,kecepatan sudah bisa maksimum tergantung paket internet yang kita beli.

Untuk Hdr power paling baik adalah mendekati nilai 0 dbm,atau paling tidak antara -40 sampai -60 dbm. Pada screen shoot diatas,  lebih dari 80 -dbm bisa dikatakan sinyal terlalu lemah.